Kamis, 07 Oktober 2010

Arti Dalam Olahraga Estafet

Baru saya tahu di pagi ini, banyaknya arti dalam olahraga estafet. Di sampaikan oleh guru olahraga saya yang sangat menyentuh dan memotivasi saya. Beliau berkata "Dalam memberi tongkat kita hanya memegang disisi satu saja, sedangkan sisi 2 dan 3 untuk si penerima agar mudah dalam menerima, dalam mengoper tongkat kita harus memberi dengan sebaik mungkin dan berteriak 'ya' bahwa kita akan mengoper tongkat tersebut, saat kita mau menerima kita harus bisa mengimbangi pelari".

Maknanya adalah "kita sebagai sesama mahluk hidup harus memberi orang lebih banyak daripada untuk diri kita sendiri, tanpa memberi tahu susahnya kita dalam sesuatu tersebut, berteriak 'ya' disini seperti kita bertemu seseorang dengan mengucap salam, selanjutnya kita harus mempunyai tenggang rasa kepada setiap orang karena memang kekuatan orang berbeda-beda dan kita harus menghargai usaha orang tersebut atas usahanya mengoper tongkat estafet, adapun kalah dan menangnya adalah hasil yang telah kita usahakan, apabila kita berusaha keras maka kita akan mendapat balasan yang setimpal".

"Mungkin bisa saya tambahkan sedikit, tongkat estafet itu seperti ilmu yang harus diajarkan secara turun-temurun, berlanjut supaya ilmu itu tidak hilang atau terputus di generasi selanjutnya dan pelari selanjutnya itu layak anak-anak muda yang melanjutkan perjuangan dari pendahulu-pendahulu kita".

Itulah makna yang bisa saya petik dalam arti olahraga tersebut, semoga membantu pembaca sekalian.

Tidak ada komentar: